Sebenarnya artikel mengenai cara memasang Auto Readmore sudah banyak sekali bertebaran didunia maya ini. Tapi, dalam rangka guna melengkapi artikel blog ini dan berhubung juga ada seorang sahabat blogger yang bertanya, akhirnya sekalian saja dech di Post. hehe.
Readmore merupakan salah satu blog hack yang lumayan digandrungi bagi pemain blog khususnya dalam platform WordPress dan Blogspot. Dengan fungsi “Readmore” kita bisa menghemat halaman depan blog kita dengan maksud kita bisa menunjukkan banyak post dalam satu halaman depan. Lagipula penggunaan read more fungsi “Readmore” ini bisa mengurangi penggunaan bandwith yang besar. Karena isi artikel blog di load hanya separuh dari seluruhnya. Berbeda bila kita tidak menggunakan fungsi “Readmore”, pasti blog akan tampak panjaaang turun kebawah. Walaupun mungkin sudah diatur berapa post yang akan ditampilkan dalam halaman depan, tapi kalau tulisannya panjang ya sama saja donk. ehehe big grin .
Nah, lalu bagaimana cara menggunakan fungsi Readmore ?. 
Pertama, kita bisa menggunakan fungsi “Jump-Break” di teks editor blogspot yang baru dengan mengklik tombol/ icon “Jump-Break” yang biasanya terletak di pojok paling kanan atas dari menu teks editor blogspot setelah anda menetapkan kursor pada akhir teks yang akan anda pakai sebagai ringkasan artikel anda.
Kedua, bisa dengan cara memasukkan kode tag <!– more –>  dalam mode Edit HTML pada posisi akhir/batas teks yang ingin anda tampilkan sebagai ringkasan posting anda.
Lalu, untuk kustomisasinya agar kata-kata “Readmore” nya sesuai dengan yang anda inginkan, misalnya diganti dengan kata “Baca Selanjutnya” , “Lanjutkan” bisa dengan mensetting pada widget blog post pada tab Layout (Page Element) akun blogger anda. 
Untuk yang Ketiga, anda bisa menggunakan fungsi Auto-Readmore. Tentu fungsi ini belum ada pada blogspot. Maka dari itu anda perlu untuk menambahkannya sendiri. bila ingin menambahkannya, berikut caranya.
Tentu anda harus sudah login dalam akun blogger anda. Dan tuju ke halaman Layout ? Edit HTML. Jangan lupa untuk mencentangi kotak kecil bertuliskan “Expand Widget Templates“. Cari kode </head> . Copy-Paste kode dibawah ini di atas kode </head> tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar